My Story Passed KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia) 2017



Assalamualaikum, Wr, Wb.
Akhirnya setelah sekian lama gak update di sini. Hahaha (Berasa ditunggu “GR”)
Dalam sesi ini Afi bakal bagi pengalamanku di acara KBMI dan EXPO KMI 2017 di Pontianak. (Yeeeee, Hahaha)
Lanjut....
Ok buat kalian yang belum tau atau asing sama yang namanya KBMI ini bakal Afi jelasin. Jadi KBMI ini adalah salah satu program Ristekdikti dimana memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu dan keterampilan berwirausahaan yang telah didapat. Didukung dengan dana/modal berwirausaha dan bimbingan bagi yang lolos dalam tahap berkas atau proposal. Mulai 2017 PMW atau Program Mahasiswa Wirausaha digantikan menjadi KBMI jadi PMW atau KBMI sama saja.
----
Baik langsung aja ya Afi ceritanya,
Jadi sekitar pertengahan tahun lalu itu, Afi dapat kabar dari ketua Suntil tentang Program ini. Tim Afi masuk dalam kategori Kuliner gitulah. Ditanya mau gabung lagi apa gak buat kontes ini (Kontes miss Kuliner “Hahaha”). Sebelum Afi iyain, Afi tanya dulu sama yang lain masih minat gak dari 4 orang tim Suntil. Dan akhirnya tersisa 2 orang aja yang mau lanjut buat kontes ini. Sebenarnya kalau kata ketua Afi, “Yoba aja Fi. Kalau dapet syukur kalau enggak ya gak apa.”
Jadi saat mau nentuin kita lanjut dan buat proposal dan tetek bengeknya itu kita dah ada acara bejibun (Syok Sibukkk, ya emang sibuk hihihi). Maaf terlalu mendramatisir kenyataan...hahahaha
Sambil buat proposal Afi sama pak ketua cari personil buat tim KBMI. Nah cari-cari dan dapet. Nah nyerahin proposal sama pembimbing, dan selesai. Balik ke habitatnya, ngurus dunianya masing-masing.hahahaha
Setelah gak ada kabar berbulan, berasa Afi digantungin (nasip selalu menunggu ”Hahahaha”). Terus saat acara bazar anak-anak di Wonosobo ketemu saat mas pembimbing (sebenarnya mau nyebut merek, tapi takut diminta piti “hahaha” gak ... bercanda) dipanggillah Afi. Dilihatin layar Hp mas Pem, awalnya gak paham “Apa??? Angka doang”. Nah itu ternyata nominal dan data wirausaha mahasiswa yang lolos seleksi KBMI 2017, dan salah satu ya Tim kuuuu.
Untuk nominalnya, Alhamdulillah. (Hahaha)
Nah harusnya bulan itu dah harus mulai tapi karena terkendala dari pihak ristekdikti dan tim kami, akhirnya mulai usaha sebulan kemudian. Dari dana awal yang cair pertahap timku mulai jualan dan promosi sana-sini.
Buat kompetisi ini kami diberi waktu 4 bulan buat memulai usaha. Banyak baget yang bisa Afi dan tim ambil dari kompetisi ini. Baik dari pihak internal maupun ekternal itu mendukung segalanya buat pengalaman. Jujur dari Afi sendiri itu, dari pengalaman langsung ini, memulai usaha itu susah, tapi gak ada yang sulit kalau ada modal, doa dan usaha. Buat @Ristekdikti Afi dan tim sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan buat tim Afi.
Berjalannya usaha, setiap bulan itu ada evaluasi baik dari kampus atau Ristekdikti. Laporan perbulan juga ada. Gambaranya emang kita di buat terjun jualan langsung. Kalau dari Afi yang anak Ilmu Komunikasi itu. Teori PR, promosi dll itu tumpah keluar (Hahaha).
Setelah itu, memasuki bulan akhir dari KBMI 2017, Afi dan tim dapat tawaran lagi buat ikut EXPO-KMI di Pontianak. Sebelum itu tim buat proposal lagi, hampir sama dan nunggu kabar lolos apa enggak. Untuk yang ini, Afi dan tim gak perlu nunggu lama. Jadi kalau menurut Afi itu EXPO-KMI ini itu kayak penutupan dari segala acara Ristekdikti dan hiburan buat para kandidat yang lolos saat itu. Tapi gak semua tim yang lolos bisa gabung. Kalau info yang Afi dapat itu Cuma 1 tim buat 1 Universitas. Dan syukur alhamdulillah tim Afi meluncur ke Pontianak.
Untuk persiapan EXPO sendiri kami menyiapkan bahan presentasi dan jualan tentunya. Kalau Afi menilai, buat yang mewakili universitas harus banyak syukur, selain jualan, nambah teman, kebudayaan dan bahasa yang beragam itu indah baget Afi lihat dan dengar. Ya berhubung itu acara seluruh Universitas baik negri atau swasta nemplok di Pontianak. Pokoknya gak rugilah.
Syaran dari Afi buat teman-teman yang emang minat dan pengen nyoba  kompetisi ini
-       * Usahain tim kalian solit, soalnya kalau dalam tim dah kocar-kacir bukan hanya capek tenaga, tapi juga capek rasa. “Hahaha”
-      * Untuk segi usaha, usahakan kalian nyakin sama usaha yang mau di tawarin. Paham semua setiap anggota biar gak jadi ganggota gantung.
-         * Dan semua anggota siap buat terjun, ya tenaga, ya pikiran.
    
    Terakhir kompetisi ini di adakan setiap tahun, bukan hanya kuliner tapi teknologi dll ada. Jadi yang buat kalian kembangkan kreatifitas mulai saat ini.
*SalamAnakKos
#KBMI2017
#EXPO-KMI
(Produk TIM)

(Stand EXPO-KMI)

(Ibu Made dari Bali nyoba Suntil)

(TIM lolos Seleksi KBMI 2017)

(Pengenalan Suntil pada pembeli)

(Sesi jalan-jalan Tugu Khatulistiwa dan new friends)

(Evaluasi tahap 1)

(Menunggu Evaluasi tahap akhir)

(Sesi jalan-jalan tahap 2)

* Maaf bila ada kata yang tidak berkenang dan terima kasih


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta

Joko Widodo Gubernur Jakarta

Shaleh di Masa Remaja 1